Rabu, 05 Juni 2013

Cara merawat keyboard komputer

Keyboard

Cara merawat keyboard Komputer
Keyboard komputer merupakan salah satu komponen vital dalam perangkat komputer. Meski pun bukan bagian dari komponen utama komputer seperti Central Processing Unit atau CPU, namun tanpa adanya keyboard akan menghambat beberapa kinerja pengguna komputer.

Dalam fungsi utamanya, keyboard komputer adalah sebagai media untuk mengetik atau memasukkan data dalam sebuah komputer. namun tak jarang, keyboard komputer juga digunakan untuk beberapa fungsi lain. Seperti untuk melakukan perintah singkat atau shortcut pada beberapa program.

Keyboard komputer bisa juga dimanfaatkan untuk masuk ke dalam sistem bios komputer. Manfaat bios sendiri digunakan untuk mengetahui secara detail sistem yang digunakan sebuah komputer. Selain itu, melalui bios kita bisa melakukan program pemasangan perangkat lunak komputer pada sistem awal.

Pada personal computer, keyboard komputer berdiri terpisah dari CPU atau monitor. Sementara untuk komputer jinjing atau laptop, keyboard melekat menjadi satu dengan perangkat komputer. Selain itu, pada saat ini keyboard komputer ini sudah memiliki banyak ragamnya.

Ada keyboard komputer yang terbuat dari bahan elastis sehingga bisa digulung sehingga nampak lucu. Atau pula ada keyboard mini yang menyerupai keyboard laptop. Bahkan pada saat ini keyboard yang hanya berisi angka saja sudah bisa didapatkan. Semua jenis tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen. Hal ini menjadikan konsumen bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih jenis keyboard komputer yang mereka inginkan.

Apakah merawat keyboar komputer sulit? Tentu saja tidak.  Berikut beberapa cara untuk meratwa keyboard anda:
  • Usahakan bersihkan permukaan keyboard secara rutin, minimal seminggu sekali.
  • Sebulan sekali bersihkanlan karet bantalan tombol untuk menghilangkan kotoran yang masuk ke dalamnya. Pakailah kuas yang bisa anda dapatkan di toko elektronik atau komputer. Kuas hanya untuk membersihkan kotoran ringan seperti debu dan benda padat yang gampang dibersihkan. Jika ada kotoran yang menempel dan keras, gunakanlah cairan pembersih khusus.
  • Untuk membersihkan debu di sela-sela tombol yang tidak dapat dilakukan dengan kuas, maka anda dapat menggunakan pembersih debu khusus yang dapat menyemprotkan udara dan mengusir kotoran serat debu.


Tidak ada komentar: